Sabtu, 02 Maret 2013

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak Terupdate



Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Perbedaan mesin motor 2 tak dengan motor 4 tak sungguh sangat signifikan dilihat dari jenis bahan bakar dan cylindernya. Berikut adalah ciri-ciri dan perbedaan motor 2 tak dengan 4 tak.
Ciri-ciri Motor 2 tak:
  • Bahan bakarnya selalu di campur dengan oli baik secara langsung ke dalam tangki bensin ataupun dengan cara memisah kannya
  • Cylinder tidak memiliki klep, sebagai gantinya adalh zuiger valve atau red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
  • Setiap zuiger atau piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
  • Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder dan carter.
  • Setiap 2 kali gerakan piston terjadi 1 kali pembakaran gas.
 
 
Kelebihan
  1. Dikarenakan proses pembakaran terjadi 2 kali maka tenaga yang dihasilkan lebih besar dibanding motor 4 Tak.
  2. Disamping komponen yang sedikit, 2 Tak tidak memerlukan Klep, juga pemasangan lebih mudah dan murah.
  3. Oli mesin lebih tahan lama karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah
  4. Momen puntir untuk putaran lanjutan lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus.
Kekurangan
  1. Lebih banyak biaya dikarenakan adanya oli samping.
  2. Asap yang dihasilkan lebih banyak dan meghasilkan polusi udara.
  3. Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi.
  4. Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
Ciri-ciri motor 4 tak :
  • Bahan bakarnya bensin murni
  • Setiap cylindernya memiliki 2 buah klep yang masing – masing klep masuk dan klep buang
  • Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder
  • Setiap zuiger atau piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada zuiger atau piston.
  • Terdapatnya rantai camprat dalam bak mesin yang berhubungan dengan noken as (kruk as). Rantai camprat ini tujuan nya untuk menahan gigi verseneling atau gerakan roda yang mendadak.
  • Setiap 2x putaran kruk as hanya terdapat 1x tenaga (compressi).
 
 
Kelebihan
1.      Karena proses pemasukan kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien, dan stabil.
2.      Panas mesin lebih rendah dibanding mesin 2 Tak
3.      Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin 2 Tak sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat
4.      Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih bisa didinginkan oleh sirkulasi oli.
Kekurangan
  1. Perawatan mesin relatif lebih rumit dibanding mesin 2 Tak.
  2. Oli mesin lebih boros dan lebih cepat encer karena melumasi seluruh bagian mesin dan bersirkulasi sampai ke silinderkop.
  3. Suara mekanisme mesin lebih gaduh.


1 komentar:

  1. ya memang sih motor 2-tak polusi banget. tapi sayang juga ya kalau gak bisa dipakai ke jalan utama di kota.

    BalasHapus