Sabtu, 02 Maret 2013

Perbedaan antara karburator dan injeksi Ter-Update



Kehadiran sepeda motor dengan sistem injeksi di Indonesia makin populer. Tapi motor tipe itu justru tidak disukai masyarakat India.

Konsumen di negeri Hindustan itu merasa rugi karena harus membayar lebih mahal akibat tambahan teknologi fuel injeksi. Padahal dari aspek tenaga dan performa tidak ada perbedaan dengan versi karburator.

Meski begitu, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian disalurkannya ke dalam ruang bakar, dan terjadi pembakaran pada mesin.

Lalu apa saja yang menjadi perbedaan?

Pertama, pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Injeksi, sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar.

Sementara karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder.

Kedua, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien.

Sedangkan karburator, bensin disedot dengan pergerakan naik-turun piston, jadi berapa volume bensin yang dikeluarkan, tergantung dari pergerakan piston tersebut.

Ketiga, pada sistem penyaluran bensin, sistem injeksi sudah menggunakan injektor secara elektronik. Sementara untuk karburator masih menggunakan buka-tutup skep

Keempat, sistem injeksi jauh lebih sederhana, terutama saat melakukan servis. Cukup membuka saringan udara, kemudian dibersihkan. Sementara karburator, harus membongkar badan karbu untuk membersihkannya.

Terakhir, dari segi harga, motor injeksi sedikit lebih mahal ketimbang karbu. Kisaran perbedaan harga Rp200-500 ribu.

Untuk memutar sebuah mesin motor dibutuhkan pembakaran yang terus menerus di ruang bakar.
Pembakaran sendiri dihasilkan dari pertemuan antara pengkabutan bensin+udara dengan api dari busi motor.

Pada motor biasa, proses pengkabutan bensin dan udara diatur oleh sebuah alat bernama karburator.
Karburatorlah otak utama pada proses pencampuran tersebut.

Pada motor injeksi, peranan karburator digantikan secara elektronik oleh sebuah chip bernama ECU.
ECU bekerja berdasar masukan-masukan yang didapat dari sensor2 yang dipasang pada beberapa tempat di motor.
Artinya, bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar diproses secara buatan oleh sebuah chip bernama ECU.

Apa keuntungan motor injeksi?

Proses pembakaran motor injeksi lebih sempurna, motor jadi lebih lebih irit dan ramah lingkungan.
Motor injeksi minim perawatan, tidak diperlukan pembersihan rutin tiap bulan sama seperti pembersihan karburator yang harus dilakukan pada motor setiap bulan. 


Kekurangan motor Injeksi:

ECU yang bekerja secara elektronik sangat tergantung dari aki motor, aki harus selalu dalam keadaan fit untuk dapat bekerja secara maksimal.
ECU rawan korslet ketika bertemu air, anda harus ekstra hati-hati ketika motor anda mendapat guyuran air.

Meskipun motor injeksi bebas perawatan(pada sistem injectornya), tetapi tidak pada pengaman sensornya.

Motor ini sangat rewel ketika ada salah satu sensornya bermasalah (Misalnya ketika ditemukan kotoran pada sensor filter bensin, injektor akan macet otomatis).
Ketika ECU error mau tidak mau anda harus mendorong motor anda ke service center terdekat.

Motor injeksi gampang alergi ketika bertemu BBM yang didapat dari sembarang tempat. Mungkin penyebabnya karena tidak adanya filter bernama "water separator" sama seperti yang sering ditemukan pada mesin dengan sistem injeksi diesel..

Jadi kesimpulannya, motor injeksi ataupun karburator dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing..
Anda boleh membanggakan apapun motor anda asalkan motor tersebut bukanlah motor pinjaman ataupun motor milik tetangga dimana anda bercerita seolah-olah motor tersebut milik anda,hehehe...

4 komentar:

  1. mantap.. joss.. buat nambah ilmu otomotif ane gan..

    agen tiket pesawat

    BalasHapus
  2. Wellness care is a very important lifestyle choice that many people like to make. Whether the choice for wellness care came out of a serious past injury or an athlete just to be at top physical shape, it really doesn't matter. What does matter is that you made a choice to take care of your body and decided to be proactive with your health wellnesspitch.com and life.

    BalasHapus
  3. You can clearly take the help of your companions to know the advantages of these radiators. In any case, leading the exploration on your own will assist you with www.insimwetrust.com down the best radiator for your motivation.

    BalasHapus